Rabu, 09 Juni 2010

Roti Abon dengan Tepung Ala Breadtalk

Di milis lagi heboh soal tepung K2 dan tepung ala Breadtalk. Nia Kurniasih mengkoordinir yang pada pengen beli tepung ini. Kebetulan banget aku ada pesenan snack box, jadi rencana dibuatin aja roti dari tepung ini. Sebelumnya, untuk perbandingan aku buat Roti dari Terigu Cakra kemasan, pas ada pengajian di tetangga dekat rumah jadi  kuantar saja ke beliau.

Sama - sama pake resep yang di share Shirley di blognya,

OREO BUN & CATERPILLAR BREAD:: Sumber: Kursus Arvian by Gary ::

Bahan2 roti:

1 kg Tepung terigu K2
225 gram Gula pasir
5 gram Bread improver (aku pake Baker's Bonus)
10 gram Bread emulsifier (Ibis Blue, tapi kemarin aku skip)
20 gram Ragi instan
50 gram Susu full cream bubuk
15 gram Garam
200 ml Susu cair (aku pakai Ultra)
100 gram Kuning telur (± dari 6 butir telur uk kecil)
350 ml Air es (biasanya kebanyakan)
100 gram Margarin
100 gram Butter

sama dengan Shirley, aku tidak menggunakan Bread Emulsifier.

Cara Membuat:

1) Campur adonan kering (terigu, gula pasir, bread improver, bread emulsifier, ragi instant, susu bubuk) hingga rata
2) Tambahkan susu cair, kuning telur, air es (secukupnya dulu, jangan langsung dituang semua).
3) Mixer sehingga 1/2 kalis
4) Masukan lemak dan garam
5) Mixer hingga kalis, ditandai dengan adonan sudah tercampur benar, jika diambil sedikit dan dibentangkan maka adonan akan seperti selaput / membran yang tidak putus.
6) Istirahatkan adonan sebentar saja (5 menit)
7) Potong dan bulatkan adonan

Ketika aku buat adonan ini, setelah kalis aku istirahatkan 20 menit. Setelah itu kempiskan adonan. potong - potong dan timbang masing- masing 40gram.  Untuk tepung 500 gram, dapat 24 buah. Bulatkan dengan cara rounding, setelah itu istirahatkan lagi adonan 30-60 menit. Tergantung cuaca pada saat itu. Setelah mengembang maksimal, aku bentuk agak lonjong, lalu dipanggang di suhu 170'C selama 15 menit. 


Nah, besoknya aku coba menggunakan tepung ala Breadtalk ini untuk snackbox. Dengan resep sama, cara yang sama. Hasilnya memang lebih lembut dibanding sebelumnya yang menggunakan Tepung Cakrea kemasam, serat yang dihasilkan lebih halus. Tepung ala Breadtalk ini bisa jadi pilihan untuk yang mau bakulan roti, seperti saya... halaahhh. Bukan bakery sih, cuma untuk alternatif pengisi snack box aja.








Untuk olesannya  aku mengunakan mayonaise + susu kental manis dengan perbandingan 4:1. Saat ini yang kupakai abon sapi biasa. Seratnya memang masih terlalu kasar dibading abon yang dipakai di Breadtalk. tapi lumayanlah rasanya untuk kelas rumahan. Jiee, narsis dong...










Tips-trick membuat roti:
- Penggunaan Bread Improver dan Bread emulsifier hanya alternatif saja, supaya Roti lebih lembut dan empuk. jika tidak menggunakannya, bisa tetap mengembang, hanya memang beda tekstur serat dan kekokohannya.
- Biasakan untuk tidak langsung menunag bahan cair sekaligus,  sedikit - sedikit dahulu sampai tahapan yang diinginkan tercapai. 
- Pastikan adonan sudah kalis benar baru memulai tahap rounding. Saat membagi dan menimbang, adonan jangan ditarik, cukup gunakan pisau untuk mebaginya, supaya serat roti terlihat bagus.
-Rounding mempengaruhi tekstur roti nantinya. permukaan adonan harus bulat mulus. Tehnik rounding perlu pengalaman, tidak cukup praktek hanya sekali saja.
-Untuk membantu proofing ( mengembangkan adonan), jika cuaca tidak memungkinkan karena dingin misalnya, kita bisa menggunakan oven untuk menyimpan adonan. Sebelumnya didasar oven diletakkan wadah berisi air panas ( bukan mendidih, cukup maksimal 40'C). loyang berisi adonan diletakkan di rak paling atas. *oven hanya berfungsi sebagai lemari, jangan ditaruh di atas kompor menyala..:P*


 

3 komentar:

  1. Halo Mbak Citra..

    Thanks yah udah sharing resep nya..saya contek yah, kemaren juga pesen tepung nya dari mbak nia..tampilan nya cantik banget deh mbak...

    Salam Kenal
    febee

    BalasHapus
  2. Bu Cit, aku ijin nyontek yah.. lagi gila buat roti nih... tengkiu

    BalasHapus
  3. nice article, very helpfull & usefull. Info Seputar tips & trik dalam memulai usaha roti/bakery , Klik aja di FIKRI TEKNIK Salam kenal & good luck......

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails