Rabu, 09 Juni 2010

Arsik Ikan Mas

Kali ini pesanan Arsik Ikan Mas dari mbak Bibien .

Sedikit tentang Arsik Ikan Mas, masakan ini merupakan menu wajib di setiap keluarga Batak. Bukan lauk sehari- hari memang, tapi lebih merupakan suguhan istimewa pada acara atau moment spesial. Tapi kalo kepengen ya nggak dilarang juga, dimasak untuk lauk hari ini. Hehhehee.





Yang paling lazim dimasak untuk Arsik adalah Ikan Mas. Di Medan dan daerah SUMUT lainnya, mungkin mudah untuk mendapatkan Ikan Mas Merah. Tapi di Jakarta sini, kita malah diketawain kalo cari - cari ikan mas Merah. soalnya orang - orang nyarinya Ikan Mas Merah, untuk digoreng atau dibuat pepes. Hihihihi, kapan- kapan marahin balik aahh...

Jika anda belum pernah mencicipi Arsik ini, mungkin akan terpesona dengan cita rasanya. Paduan rasa asin,  asam dan pedas sangat menggugah selera. Aroma dari bunga Kecombrang (Etlingera elatior) yang dalam bahasa Sunda sering disebut Honjee,  di Medan dan daerah Sumatera Utara disebut Kencong serta bumbu khas Sumatera utara yakni Andaliman (Zanthoxylum Acanthopodium DC) plus penggunaan Lokio a.k.a bawang batak (A. chinense) akan memberi sensasi rasa tersendiri yang pasti membuat anda tidak berhenti memakannya (kecuali kenyang tentunya).

Ayo, tunggu apa lagi. buruan pesan ke aku ya.... pasti ketagihan!!

1 komentar:

  1. Cit, suka banget ini! Duh apalagi saya seminggu lalu moto andaliman Bohh meski andaliman kering bolehlah. Daripada gak ada yakkk. Dulu pernah bikin pake ikan kakap merah. Lumayan daripda nyari ikan mas merah sampe gundul juga gak bakal ketemu disini.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails