Senin, 05 Maret 2012

Ketupat Ketan

Bikin Ketupat di saat bukan Lebaran itu seru. Karena ternyata tidak terlalu mudah mendapatkan selonsong ketupat yang sudah siap pakai di pasaran. Kadang - kadang memang ada yang jual, e lha kok ndilalah pas pengen bikin malah tidak ada yang jual di Pasar dekat rumah.

Penasaran ya kenapa heboh bikin Ketupat padahal bukan Lebaran? Ini lho, Di NCC lagi happening Lontong - Ketupat Week. Sebuah event online yang dapat diikuti oleh semua member NCC di manapun mereka berada, tinggal setor hasil kreasi masing - masing untuk diupload  oleh host event ini ke blog Lontong Ketupat Week yang sudah dibuat. Mau lihat kreasi teman - teman yang lain? Bisa lihat di sini ya.

Untuk event heboh yang satu ini, aku bikin Ketupat Ketan. Selain menggunakan beras nasi, Ketupat juga bisa  diisi dengan Beras Ketan. Kalau ketupat nasi direbus dengan air biasa, Ketupat ketan direbus dengan santan. 

Ketupat ketan

Ketupat Ketan

1 liter beras ketan, cuci , rendam dengan santan selama 1 jam
15 buah selongsong ketupat ukuran sedang
4 liter santan dari 2 butir kelapa
3 batang serai
3 ruas lengkuas
4 lembar daun salam
2sdt garam


  • Tiriskan santan dari santan perendam (jangan dibuang, santan akan dipakai untuk merebus ketupat)
  • Masukkan beras ketan ke dalam selonsong ketupat hingga penuh namun tidak padat, masih ada ruang 1 cm dari sudut ketupat.
  • Masukkan ketupat dalam panci berisi santan, masukkan bahan lainnya
  • rebus ketupat hingga 4 - 5 jam dengan api kecil hingga ketupat matang dan kuah santan mengental

ketupat ketan

Di tanah Sumatera ketupat ketan ini juga lazim dihidangkan pada musim Lebaran. Selain dinikmati langsung, Ketupat ketan juga biasa tersaji dengan pendamping Tape Ketan Hitam atau dengan Rendang. Terbayang kan gurih nikmatnya si ketan ini bersanding dengan rendang. Paduannya menjadikan hidangan ini cukup unik dan dicari - cari (paling tidak oleh ku :D)

ketupat ketan

Ohya, karena susah mendapatkan selonsong ketupat siap pakai, akhirnya kuputuskan bikin selonsong ketupat sendiri. Dibantu asisten yang memang sudah fasih membuat, kami ambil janur dari lapangan komplek (dengan bonus kelapa mudanya tentu), lalu kami buat sendiri selonsong ketupat ini. Sedikit rumit buat pemula, namun dengan banyak mencoba mudah - mudahan terbiasa. 

Berikut ini step by step pembuatan selonsong ketupat. Semoga cukup jelas menerangkan tahapan demi tahapannya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails