Senin, 28 Maret 2011

Poffertjes

Sore hari, kok tiba - tiba pengen Poffertjes untuk teman menyeruput teh panas. Jadi keinget jaman kuliah dulu jalan - jalan ama temen - teman ke Puncak, dan pagi-pagi  khusus naik ke Resto Puncak Pass untuk njajal Poffertjes andalan resto ini. hihihiii...niat bener deh. Jadi deh sore itu makin pengen aja bikinnya. Sekalian juga ngajarin asisten untuk bikin si Poffertjes yang menul - menul ini.

Poffertjes

Sebetulnya ada resep dari buku manual cetakan Poffertjes , tapi dulu pernah dicoba tapi nggak sreg sama teksturnya. Jadi browsing resep, ketemu di blog Yummy :

POFFERTJES
Source: Resep Pilihan Ahli Masak PRIMARASA FEMINA "Hidangan Peranakan Belanda & Cina"
Modifikasi sedikit oleh mbak Wati, di bahan dan cara membuat

Bahan:
250 gr tepung cakra (kl aku, 125 gr tepung segitiga + 125 gr tepung cakra) (dita-pake tepung all purpose)
75 gr gula pasir halus
1/2 sdt ragi instan (kalo aku 1 sdt)
3 butir telur
400 ml susu cair (kl mo lbh yummy, 100 ml susu evaporated + 300 ml susu cair biasa)
50 gr mentega, dicairkan
1/4 sdt garam
50 gr keju cheddar, potong dadu

Pelengkap:
Gula bubuk, untuk taburan

Cara Membuat:
Aduk rata tepung, gula dan ragi instan. Sisihkan.

Hangatkan susu cair (jgn sampai mendidih). Kocok lepas telur. Masukkan susu hangat, aduk rata.

Tuangkan adonan telur susu ke dalam wadah berisi campuran tepung. Aduk/uleni hingga rata dan licin. (kl aku pake mikser dgn kocokan yg buat roti).

Masukkan mentega cair dan garam. Aduk rata.

Istirahatkan adonan kurleb 15 menit (kalo aku 30 menit).

Panaskan cetakan poffertjes. Olesi mentega (sekali saja diawal). Tuang adonan setengah tinggi cetakan. Tunggu sampai permukaannya berlubang2. Sementara itu, isi adonan di cetakan yg belum terisi. Tunggu sebentar. Beri potongan keju dadu. Adonan pertama yg sudah setengah matang dicungkil dgn tusuk sate, kemudian digabung diatas adonan yg ada kejunya (mudah2an ngerti ya maksudnya..). Putar2 dgn tusuk sate, hingga adonan membulat dan matang.

Taruh diatas piring saji, taburi gula bubuk. Hidangkan.

Poffertjes


Selain diisi keju dadu, Poffertjes bisa juga diisi cocolate chips atau mises. Rasa coklat yang meleleh di dalam Poffertjes, menjadi kejutan yang menyenangkan. 

Duh, jadi kepengen ke Puncak Pass lagi. Lihat - lihat di grup facebook, hehhee..masih ada nih foto waktu nongkrong pagi-pagi di Resto Puncak Pass. Sayangnya si Poffertjes nggak kefoto yah...



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails