Kamis, 02 Februari 2012

Beras Kencur


Indonesian Foodblogger adalah sebuah grup di Facebook tempat berkumpulnya para Foodie blogger asal Indonesia, di manapun mereka sekarang berdomisili. Selain sharing hasil ujicoba dapur baik resep maupun foto, Indonesian Foodblogger secara berkala mengadakan challenge buat anggotanya. Sebelum ini, sudah digelar challenge pertama: Food by it's country dan challenge ke 2: Indonesian Snack. kebetulan aku juga ikut serta di kedua challenge yaitu Buntil dan Serabi. Nah, untuk Challenge ke-3 dengan tema: Indonesian Beverage, aku ikutan juga nih dengan membuat Beras Kencur.

beras kencur

Beras Kencur merupakan minuman tradisional yang cukup populer di masyarakat Indonesia, terutama bagi penggemar jamu - jamuan. Rasanya manis, segar dan beraroma kencur serta jahe. Biasanya, Beras Kencur bisa dibeli di penjual jamu gendongan, sepedaan , atau warung - warung penjual jamu. Ada yang masih dibuat dengan cara tradisional, tapi sudah banyak juga Beras Kencur sediaan bubuk hasil produksi pabrikan, sehingga untuk meminumnya perlu diseduh lagi dengan air panas.

Untuk membuat sendiri beras Kencur, tidaklah sulit. Bahan - bahannya pun mudah didapat. Hanya untuk takaran serta komposisinya yang mesti diperhatikan jika ingin rasanya pas sesuai selera. Beras Kencur yang kubuat kali ini menggunakan bahan - bahan sebagai berikut:
  •  3sdm beras, sangrai lalu rendam dengan air mendidih 100ml selama 2 jam, lalu tiriskan.
  •  2 ruas kencur atau kurang lebih 50gram kencur, kupas
  •  1 ruas jahe kupas, jika ingin terasa lebih pedas gunakan jahe merah
  •  2 sdm asam jawa, rendam sebentar dengan air, remas - remas, lalu saring
  •  125 gram gula merah, sisir tipis
  •  1 liter air
  •  Garam sedikit saja.

Cara membuat:
  • tumbuk hingga halus menggunakan lumpang: beras, kencur, jahe,  bisa juga dipergunakan blender dengan bantuan sedikit air
  • Rebus air bersama gula merah dan garam hingga mendidih, lalu masukan beras kencur jahe yang sudah ditumbuk halus. didihkan kembali, lalu saring.
  • beras Kencur siap dihidangkan
Rasa beras kencur yang enak tergantung selera masing - masing. Ada beberapa orang yang suka menambahkan perasan jeruk limau atau jeruk nipis untuk menambahkan kesegaran. Ada juga yang menambahkan kapulaga untuk memberi aroma rempah dan efek hangat di badan.

A cup of Beras kencur

Minuman beras kencur ini dipercaya memiliki khasiat beragam, seperti menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu dan kecapekan, penambah tenaga, megurangi radang lambung, mengatasi sakit maag, dan menjaga stamina tubuh.

beras kencur


Selain disajikan hangat, Minuman Beras Kencur ini juga sedap disajikan dingin bersama es Batu. Sudah pernah coba?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails