Jumat, 30 September 2011

KBB#25: Scones

KBB#25: Scones

This is for KBB Birthday!!!


Dapat surat tjinta membawa kabar gembira, perayaan ulang tahun ke -4 dari Klub Berani Baking kali ini disemarakkan dengan tugas membuat Scones. Scones berasal dari kata sconbrot, merupakan ‘roti’ khas Skotlandia yang pada akhirnya diadaptasi oleh masyarakat Inggris menjadi makanan khas Inggris yang pembuatannya hanya meliputi tiga bahan utama: tepung, mentega dan susu. Rasa scones bermacam-macam, namun secara tradisional, scones disajikan plain dan tidak memakai banyak gula. Selain itu, scones populer dipanggang bersama cincangan kurma, kismis, sultanas, atau currants. Scones lazim disajikan bersama clotted cream dan selai. Clotted cream merupakan krim kental yang kandungan lemaknya sangat tinggi, sehingga tidak banyak dikonsumsi. (dari blog KBB)


Teman special untuk makan Scones adalah bersama teh. Tradisi minum teh bersama Scones ini banyak dijumpai di Inggris. Tapi tidak ada salahnya pada perayaan ulang tahun KBB kali ini kita juga ngeriung nge-teh bareng sambil ngglanyem scones. 





Resep Scones:
Sumber: Edmonds Cookery Book, NZ.
Untuk 12 potong
3 cups tepung terigu
6 sdt baking powder
¼ sdt garam
75g mentega
1 - 11/2 cup susu segar
ekstra susu
Ayak tepung, baking powder, dan garam ke dalam mangkuk. Masukkan mentega dan remas hingga berbulir2 seperti remah roti. Tambahkan susu dan aduk cepat menggunakan pisau sampai adonan lembut. Gilas beberapa kali. Tabur tepung sedikit ke atas baking tray. Letakkan dan tekan-tekan adonan scones di atas baking tray. Iris 12 potongan yg sama. Sisakan jarak 2cm antara satu scones dengan yang lainnya. Olesi susu segar di atas scones. Panggang dengan oven 220C selama 10 menit atau hingga matang kecoklatan.

KBB#25: Scones

Proses pembuatan scones cenderung mudah. Yang sedikit mencurigakan adalah adonannya yang sedikit lembek , tidak mudah dipulung seperti adonan roti. Waduh, sudah bener atau belum nih? Kebanyakan cairannya atau nggak nih? Untungnya sebagian teman - teman yang sudah membuat sharing di milis bahwa memang begitulah adonan scones. Huahh...slamet..slameet... :D

Kebetulan di rumah masih ada sisa Dried Apricot dan kacang tanah cincang, jadi Scones kali ini kubuat bersama bahan - bahan tersebut. Ditambah bubuk kayu manis, mmmhhmmm...wanginya sudah terbayang kan...

KBB#25: Scones

Nah, ngaku nih. Manggang scones yang harusnya hanya 10 - 15 menit, ternyata kelewatan..jadi 30 menit saudara - saudara!! Gara - gara hiperaktif mengerjakan orderan lain jadi kelupaan, timer berdering pun terlewat. Sekali lagi , konsennntrasii itu penting. :D Jadilah si scones rada kecoklatan dan kering. 

KBB#25: SconesKBB#25: Scones


Rasa scones yang tawar memang cocok menyantapnya bertemankan selai yang manis. Untuk menyesuaikan rasa dengan kandungan kacang tanah di dalamnya, kali ini scones disajikan dengan selai kacang. Mari semua, diseruput tehnya dan dicomot sconesnya.

Selamat Ulang Tahun , semoga KBB langgeng jaya abadi *kaya judul bis malam* 

KBB#25: Scones








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails