Senin, 19 September 2011

Cake Pisang ; pencarian yang tak sia - sia.

Dulu, sewaktu masih tinggal di Sumatera Utara, pernah ngicipin Cake Pisang produksi Toko Kue Zulaikha. Yap, Zulaikha yang jual bika ambon itu, persis! Cobain deh cake pisangnya , menurutku,enaak banget. kalau belum berubah lho yaaa...hehehehehe.

Cakenya padat, sejeneis buttercake. Namun terasa sekali legit pisangnya. sepertinya komposisinya jauh lebih banyak pisangnya daripada terigunya. rasanya juga pas manisnya. teksturnya lembut sekaligus lembab. Pokoknya jatuh cinta deh sejak saat itu.

Setelah tinggal di Jakarta, kan tidak segampang itu untuk dapat cake pisang ini. Jadi pengen buat sendiri. Cobain berbagai macam resep, belum ada yang nemu. Termasuk Banana Chocolate Chips Cake ini. Cake yang ngetop dishare dan dijual oleh Ienas Tsuroiya ini juga punya kelezatan tersendiri. Namun bukan ini yang kucari, jadi beneran penasaran.

Berbekal blogwalking dan keluyuran di dunia maya *tsaaaaahhh. Nemu deh resep satu ini. Menurut yang sudah pernah coba, deskripsi rasanya persis seperti yang aku cari. Dapat dari blognya Bu Iis, salah satu member NCC juga. Tidak jauh - jauh ya Bu, selera kita sama. :). Resep ini aslinya dari Primarasa, demikian menurut penuturan Arni.

Banana Cake

Cake Pisang
Resep Primarasa.

untuk 1 loyang ukuran 20x10x7

450 - 500 gram pisang ambon(cari pisang yang kulitnya sudah kehitaman, namun dalamnya masih bagus)
175 gram gula pasir
1 butir telur
1 sendok teh soda kue
175 gram gtepung terigu
50 gram mentega(cairkan)

Cara :

  • Haluskan pisang ambon dengan menggunakan sendok
  • Gula + pisang dimixer dikocok sampai tercampur rata
  • Masukkan telur, kocok lagi sampai lembut
  • Tambahkan tepung dan soda kue , kocok lagi,
  • Terakhir masukkan mentega cair kocok sampai tercampur rata dan lembut,
  • Tuang ke loyang yang sudah diolesai mentega.
  • Oven dengan suhu 160- 180'C kurang lebih 45 menit atau sampai matang.

Banana CakeBanana Cake

Setelah matang dan kucoba. Waaaaaa...girang loncat - loncat deh. Akhirnya kutemukan tekstur Cake Pisang yang selama ini aku mau. Padat, lembut, basah dan legit pisang yang terasa aduhai membelai lidah. 

Jadi yang penasaran seperti apa rasa Cake Pisang yang selama ini membuat aku termimpi-mimpi, bisa dicoba deh resep ini. Enaaaaaaakk banget....

Banana Cake






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails