Rabu, 13 April 2011

Devil Chocolate cake

Namanya cukup "menyeramkan", namun rasanya...coklaaat banget! Dijamin senang untuk membuat karena mudah namun hasilnya dijamin membuat ketagihan siapapun yang menikmatinya

Pesanan ini repeat order dari mbak Evy Savitri, mantan dosen dulu di kampus yang sekarang tinggal di venezuela. Mbak Evy ini pelanggan tetap, lumayan sering order cake untuk dikirim ke kerabat atau teman - temannya di Jakarta. Entah itu ulang tahun atau moment special lainnya. Sungguh perhatian sekali.

Kali ini pesanannya Devil Chocolate Cake, pilihan ini saran dari aku sih sebenernya. karena Devil Chocolate ini salah satu cake yang 'nendang' rasa coklatnya. legit dan moist sponge cakenya.



Resep yang dipakai adalah resep Devil Chocolate Cake NCC, yang ada di buku "18 cake & Cookies, Step by step dan Jurus-jurus jitu".

DEVIL's FOOD CAKE
resep NCC

Bahan Sponge
25 butir kuning telur
5 butir putih telur
200 gram gula pasir
25 gram emulsifier
125 gram terigu
50 gram coklat bubuk
25 gram maizena
1sdm pasta coklat blackforest
1 sdt baking powder
250 gram mentega cair

bahan Ganache
600 gram dark cooking chocolate
399 gram whipped cream
125 gram mentega tawar

cara membuat:
1. Kocok kuning telur, putih telur dan gula pasir sampai putih dan kental, masukkan pasta coklat, kocok sampai tercampur rata.
2. Ayak terigu, coklat bubuk, maizena dan baking powder masukkan ke dalam bahan adonan telur.
3. Masukkan mentega cair lalu aduk rata, tuang ke dalam loyang tulban diameter 26 m, panggang dengan suhu 160'C.
4. Setelah matang, angkat dari oven, dinginkan.
5. Basahi cake dengan symple syrup.
6. Siram dengan ganache sampai merata.

Cara membuat ganache:
Tim coklat hingga meleleh, masukkan butter campur rata, masukkan whipped cream, campur rata.

catatan:

  • Jika ingin lebih terasa coklatnya , belah cake menjadi 2 atau tiga lapis. Basahi masing - masing lapis dengan symple syrup, oles ganache, tumpuk dengan lapis berikutnya hingga selesai, siram cake dengan seluruh ganache, hidangkan.
  • Cake ini dapat dimodifikasi, jika ingin cake vanilli, ganti coklat bubuk dengan tepung terigu dengan jumalh yang sama, ganti pasta coklat dengan pasta vanilli, hilangkan baking powder


Untuk cake yang aku kerjakan ini, aku buat setengah resep, dapat 2 loyang bulat diameter 20 cm. masing - masing cake disiram symple sirup. Ganache aku diamkan hingga dingin dan menjadi ganache oles. Sisa ganache aku spuit bentuk swirl menyerupai bunga, dan ditambah sprinkle supaya tidak monoton.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails