Senin, 10 Oktober 2011

#ChineseFoodWeek - Salted Egg Shrimp

Natural Cooking Club, sebuah komunitas pecinta baking - cooking tempat saya dan teman - teman lain berkumpul, rutin mengadakan event online. Event - event ini punya tujuan untuk membangun database resep yang bisa diakses siapa saja. sekaligus seru - seruan, lihat resep seliwar seliwer beredar,lihat foto - foto menakjubkan dan super canggih bertebaran, sekaligus serunya dapat badge. Hehehhee. Jadi keinget jaman ikut Pramuka dulu, untuk mendapatkan badge/lencana tertentu harus melewati uji kecakapan khusus. Bahkan memasak nasi , air juga termasuk dalam beberapa syarat kecakapan khusus ini. Eh, kok jadii ngomongin yang lain...

Balik lagi ngomongin event online nya NCC, yang baru saja dibuka dan ditabuh genderang keriangannya adalah Chinese Food Week NCC. Nah, resep kali ini aku coba buat dalam rangka event Chinese Food ini.

Salted Egg Shrimp


SALTED EGG SHRIMP
Udang Telur Asin resep Primarasa

bahan:
12 ekor (500 g) udang pancet -- aku pakai udang basah biasa
1/2 sdt gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdm jeruk nipis
minyakuntuk menggoreng
2 sdm tepung beras, larutkan dengan 1 sdm air

lapisan telur:
6 kuning telur asin matang (yang masir dan berminyak)
3 sdm tepung beras
3 sdm air
2 sdm margarine, lelehkan
1/4 sdt garam (bila perlu)

cara membuat:

  • kupas kulit udang, belah punggungnya. buang kotoran yang ada di punggungnya.
  • lumuri udang dengan gula pasir, bawang putih, dan air jeruk nipis. sisihkan sebentar hingga bumbu meresap (5 menit)
  • panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api sedang. lumuri udang dengan larutan tepung beras. goreng dalam minyak panas, hingga berubah warna dan matang. angkat dan tiriskan.
  • haluskan kuning telur asin,dengan menggunakan garpu. Tambahkan tepung beras, aduk rata. Tuang air dan margarine leleh, aduk hingga menjadi adonan yang kental dan licin. lakukan test icip, bubuhkan garam bila perlu.
  • panaskan adonan kuning telur di atas wajan dengan api sedang, tambahkan sedikit minyak sisa menggoreng udang tadi. aduk adonan sebentar, lalu masukkan udang goreng. Aduk hingga seluruh udang terlumuri adonan lapisan telur, angkat.
  • sajikan selagi hangat.

Salted Egg Shrimp

Hampir semua hidangan masakan China sangat mudah dibuat dan dengan bahan yang relatif sederhana. termasuk juga Udang Telur Asin ini. Bumbu yang digunakan sama sekali tidak rumit dan proses memasaknya yang sangat mudah. Hidangan satu ini banyak dijumpai di restoran - restoran yang menyajikan masakan China. Nah, kali ini tanpa perlu pergi ke restoran, kita bisa menikmatinya.

Salted Egg Shrimp

Jangan ragu untuk mencicipi terlebih dahulu adonan lapisan telur sebelum menvampurkannya dengan udang. Terkadang telur asin yang kita dapat masih terasa kurang asin, jadi kita perlu menambahkan garam ke dalam adonan. Walaupun  dimasak di dapur sendiri rasanya menyamai sajian restoran. Remah - remah yang gurih dan lezat membuat udang goreng ini sulit dilupakan kelezatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails