Senin, 28 November 2011

KBB#26: Panettone

Beneran baru ngeh sama yang namanya Panettone ini adalah saat baca surat tjinta host KBB#26. Oh ternyata ada nama khususnya toh,kirain roti biasa aja yang sengaja dibuat menarik perhatian dengan tingginya yang menjulang. Hehhehee, curiga tak beralasan.

Banyak tulisan yang memuat tentang Panettone ini, salah satunya adalah yang berikut ini. Sumber: Bakery Indonesia.


Pannettone adalah sejenis roti manis yang berasal dari Milan, Italia. Menjelang dan saat perayaan Natal biasanya Panettone atau Panaton disiapkan dan dinikmati warga Malta, Brazil, Italia dan Swiss. Di Milan , warga Malta (masyarakat Milan) menjadikan Panettone sebagai simbol kotanya. Bahkan di Amerika Latin, terutama di  Venezuela, Argentina , Paraguay, Uruguay, Ekuador, Bolivia, Chilli, Kolumbia dan Peru, Panettone menggantikan roscon de reyes/ bolo rei sebagai King Cake karena sebagai pengganti penanan pokok saat Natal dan Tahun Barui menjelang


Kue berbentuk kubah ini hampir sama dengan jenis fruitcake lainnya. Di dalamnya berisikan manisan kulit jeruk, manisan sitrun, kismis, dan manisan lemon. Akan tetapi, dari jenis fruitcake yang lain, Panettone memiliki kekhasan dari adonann yang berasal dari dough yang diasamkan atau bisa dikatakan sourdough. Tak heran proses pembuatan dan proofing-nya memakan waktu cukup lama untuk menghasilkan volume cake yang diinginkan. Betapa tidak, dari hasil proofing yang menyita banyak waktu, volume Panettone bisa mencapai 12-15 cm dengan berat 1 kg.

Masyarakat Italia, biasanya menikmati Panettone dalam bentuk irisan vertikal dan semangkuk Crema di Mascarpone, krim yang terbuat dari mascarpone. Mereka juga menikmatinya dengan minuman manis seperti Amaretto, secangkir cokelat panas, dan  the sweet wine, seperti Asti atau Moscato d’Asti. Di Italia, kata “Panettone” berasal dari kata Italia “panetto”, roti-roti kecil Akhiran Italia augmentatif “-satu” (diucapkan “o-neh”) memiliki perubahan yang berarti  “roti besar”. Oleh karena itu, produksi Panettone dengan proses proofing yang cukup lama, hasil akhirnya cukup besar dan bervolume.

Di balik itu semua, tak disangka Panettone menjadi penganan tradisional khas Italia yang keberadaannya sudah ada sejak zaman Kekaisaran Romawi. Mulanya,orang Romawi menyukai roti yang beragi dilumuri madu. Sejak kemunculannya, Panettone menjadi makanan yang mewah dan hanya dinikmati para bangsawan Italia. Sementara, saat itu Panettone masih dibandrol harga yang cukup tinggi, sehingga pribumi Italia tidak sanggup untuk membelinya. Akan tetapi, munculnya persaingan sengit, pada akhir Perang Dunia II, Panettone dihargai sangat murah untuk siapapun. Mulai saat itu, kecintaan terhadap Panettone semakin meluas hingga keluar Italia, yang diidentikkan sebagai Natal yang manis. Tercatat dalam tulisan illuminist,Pietro Verri, yang ditemukan pada abad ke-18, Panettone identik dengan Natal yang ia sebut sebagai “Pane di Tono” (roti mewah).

Meskipun Panettone berasal dari Milan, saat ini Panettone lebih populer di pusat dan selatan Italia, Brazil, Argentina, dan wilayah Amerika Latin lainnya. Hingga pendapatan penjualan menjelang, saat Natal, hingga perayaan Tahun Baru, keuntungan bisa mencapai angka 55% dibandingkan utara Milan yang hanya mencapai angka 45%. Bahkan para bakers di Italia setiap menjelang dan saat Natal memproduksi hingga 117 juta Panettone yang bernilai 579 juta Euro (416 juta poundsterling).  Karena kecintaan masyarakat Italia dan sekitarnya terhadap Panettone, tak heran saat Natal, para bakers mampu meraih keuntungan berlipat. Oleh karena itu, Panettone dijadikan makanan pokok dan sangat tepat dinikmati saat kumpul bersama keluarga dan kerabat dalam suasana Natal. [Teks: Eka Michelina]

Selain sejarah Panettone di atas, ada legenda romantis dari sejarah dibuatnya Panettone ini pertama kali. 

Alkisah  ada seorang bangsawan muda yang jatuh cinta kepada seorang anak peremepuan dari seorang chef pastry bernama Toni. Untuk memberi kesan kepada ayah dari perempuan yang dia cintai, pemuda tersebut menyamar menjadi chef pastry junior yang sedang magang, yang lalu menciptakan roti berbentuk kubah (dome) yang manis dengan rasa khas. Roti rasa baru ini laku keras, orang berbondong-bondong antri di toko roti tersebut untuk membeli roti pan de Toni.

Di Milan, para pengusaha memiliki kebiasaan untuk memberikan roti panettone sebagai kado natal kepada klien-klien mereka. Namun, jauh sebelumnya, panettone dikenal sebagai makanan mewah, yang tidak semua orang mampu membelinya. Hingga pada suatu saat, tehnik-tehnik produksi baru bisa menekan biaya produksi sehingga membuat panettone bisa terjangkau semua orang. Sebuah proses yang mengkombinasikan ragi dengan paper mould akan membuat ragi merata di adonan roti sehingga menjadi roti yang sangat ringan.

Saat ini panettone, dikenal di seluruh dunia dengan berbagai variasi, dengan diisi krim, ditutup dengan coklat dan icing almond. Roti ini dijual dalam kemasan cantik.  Panettone dapat dinikmati dengan seribu satu cara, dipotong tipis atau tebal, disiram dengan berbagai saus, diisi atau ditutup dengan krim. Sangat cocok sekali di toasted untuk sarapan pagi, dicelup ke susu dingin atau panas, hingga melunak. Panettone bukan hanya tradisi natal, tapi juga pelengkap yang lezat untuk hidangan yang nikmat.




Panettone (traditional Italian christmas bread)
Source: The Worldwide Gourmet
Bahan :
1 ½ cakes of fresh bakers yeast (ragi)
65 ml (1/4 cup) gula
6 tbsp air hangat
6 kuning telur
Lemon zest dari 1 buah lemon
Sejumput garam
500-750 ml (2-3 cups) tepung terigu
100 ml (6 sdm) potongan candied peel
100 gr (6 sdm) + 2 sdm butter/mentega
4 sdm sultana
4 sdm currant (beri berian :P)
1 sdt vanilla







Cara Membuat

Masukan 1 sdm gula dan ragi kedalam susu hangat, diamkan selama 3 menit. Kemudian  mix dan istirahatkan ditempat yang kering dan hangat (contoh diatas oven yang sebelumnya telah dipanaskan) sampai volume campuran menjadi 2 kali lipatnya, kurang lebih 5 menit.
 
Masukan campuran tersebut kedalam mangkuk, tambahkan kuning telur, vanilla, parutan kulit lemon, garam dan sisa gula. Campur 500 ml (2 cup) tepung terigu secara bertahap sampai lembut ditangan dan adonan dapat dibulatkan. Kemudian campurkan potongan butter sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi lebih lembut dan lebih elastis.
 
Campur 125 hingga 250 ml (1/2 hingga 1 cup) terigu sampai adonan lebih kokoh, lembut dan tidak lengket.
 
Letakan adonan diatas meja kerja yang telah di taburi sedikit terigu. Uleni adonan kurang lebih 10 menit. Setelah adonan lebih lembut masukan kedalam wadah yang telah di olesi butter, taburi dengan sedikit tepung terigu tutup dengan kain dan letakan ditempat yang kering kurang lebih selama 45 menit sampai adonan bertambah volumenya dua kali lipat.
 
Kempiskan adonan, tambakan candied lemon peel, kismis dan currants kemudian uleni sampai semuanya tercampur rata.
 
Taruh kertas roti yang telah di olesi butter dua sisinya dalam loyang besar, masukan adonan dan beri jejak (torehan) diatasnya. Tutup dengan kertas yang telah diolesi butter dan diamkan selama 15 menit di tempat hangat sampai adonan mengembang, Angkat kertas dari atas adonan dan oleskan butter diatas adonan tersebut.

Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius (400 derajat F), taruh loyang yang telah berisi adonan dalam oven dan panggang kurang lebih 10 menit, turunkan suhu oven ke 160 derajat celcius (350 derajat F) dan panggang lagi selama 30 sampat 40 menit, oleskan adonan roti dengan lelehan butter, roti akan matang setelah bagian atasnya berubah menjadi keemasan dan krispy.
 
Angkat dari oven dan biarkan selama 15 menit kemudian keluarkan dari loyang. 


Mulanya sempat ragu, karena nguleninnya manual pake tangan, bisa kalis nggak nih. Dikesampingkan deh tehnik bentang untuk mengetahui kekalisan adonan. Pokoknya sesuai resep saja, uleni 10 menit, ya sudah berhent. Hhehhee,padahal nggak ada kalisnya sama sekali. Sempat pesimis juga, lembut nggak hasilnya nanti. Ternyata eh ternyata, lembut lho. memang teksturnya lebih padat dibanding roti - roti yang selama ini jamak orang Indonesia makan. Lebih mirip roti model jadul seperti produksi Tan ek Tjoan atau Lauw. Puadet tapi lembut.

Seharusnya bisa aku tambahkan lebih banyak manisan buah kering dan kismis lagi, tapi sejujurnya aku pribadi tidak terlalu suka kismis dan teman - temannya ini, jadi aku kurangi. Hasilnya rasa Panettone yang kubuat kurang manis, cenderung tawar saja. Tapi tetap enak ketika makannya dicelup coklat manis panas..mmhhmmm..slurruupp.


Beruntung banget deh, bisa dapat kesempatan cobain buat Panettone yang ternyata ngetop sejagad ini. duh, kemana aja selama ini aku yak...hihihihii... Nggak sia - sia, ternyata kekuatan tangan untuk nguleni masih bisa diandalkan, apalagi dapat hasil roti tinggi menjulang , lembut, dengan rasa yang menawan.



Minggu, 27 November 2011

JADWAL KURSUS NCC bulan DESEMBER 2011

Jadwal Kursus Kue, Masak dan Decorating bulan Desember 2011 
Tempat: NCCJl. Matraman Dalam 3 no. 11 Rt 09/07 Jakarta Pusat
Tel. 021 392 1779
Pendaftaran: NCCadmin@...
Tel. 021 392 1779
0817 483 7200 (SMS only)

Pembayaran:
Fatmah Bahalwan, BCA Wisma 46, no.account.: 319.1973427
Fatmah Bahalwan, Bank Mandiri, Fatmawati. No. Account : 127.0004183313
Pada setiap kursus peserta akan mendapatkan Lunch dan Coffe Break serta membawa pulang hasil kursus.
Tanggal
Materi
Biaya
Kamis, 1 Desember 2011
Pukul 10.00 s/d selesai
Siomay Bandung & Batagor
Membuat adonan Siomay Bandung & Teknik spy kenyal dan lembut
Pengajar : Fatmah Bahalwan
Materi :
  1. Siomay Pare,
  2. Siomay Kentang,
  3. Siomay Tahu, &
  4. Batagor
  5. Membuat Sambel Siomay yang lembut, halus, & enak sekali dan Cocok untuk usaha
Rp 300.000,-
Jum'at, 2 Desember 2011
Pukul 10.00 s/d selesai
Roti Manis & DonatPengajar : Fatmah Bahalwan
Materi :
  1. Roti Manis,
  2. Donat Kentang,&
  3. Donat Ala J'Co
  4. Setiap peserta praktek masing-masing
Rp 250.000,-
Sabtu, 3 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Membuat & Menghias TumpengPengajar: Fatmah Bahalwan
Materi :
  1. Mengenal Filosofi Tumpeng
  2. Melipat dan mengukir daun pisang
  3. Mengukir aneka buah dan sayur
  4. Menghias Tumpeng
  5. Membuat Nasi kuning dan pelengkap Tumpeng
  6. Setiap peserta praktek masing-masing dan Tumpeng hasil praktek, dibawa pulang
Rp 650.000,-
Minggu, 4 Desember 2011
Pukul 10.00 s/d selesai
Crazy CupcakePengajar: Fatmah Bahalwan
Materi
  1. Mengenal dan membuat 2 macam Cup Cake
  2. Menghias cup cake, dengan Butter Cream dan Fondant
  3. Setiap peserta praktek menghias cupcake masing-masing
Rp 250.000,-
Senin, 5 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Carving cake Thomas the Tank Engine
Pengajar : Fatmah Bahalwan
Materi :
  • Teknik mengcarving cake bentuk Thomas the tank engine,
  • Teknik membuat pola,
  • Teknik menutup,
  • Teknik membuat detail Thomas the tank engine
  • Setiap peserta mendapat : Cake, Plastic Icing, Papan cake, Doos.
  • Setiap peserta membawa : Lazy Suzan/ Meja putar, Spatulla/ Pallet, Tissue, Gunting. Hasil dibawa pulang
Setiap Peserta praktek masing-masing
Rp 850.000,-
Selasa, 6 Desember 2011
Pukul 10.00 s/d selesai
Demo dari Mercolade Cokelat
Rp
Rabu - Kamis, 7-8 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Royal Icing Cake DecoratingPengajar: Fatmah Bahalwan
  1. Mengenal Butter Cream Icing dan Royal Icing untuk cake decorating
  2. Membuat aneka bunga Royal Icing : - Aple Blossom, Cherry Blossom, Lily, Davodil, Rose, Prime Rose, Violet, Hibiscus
  3. Aplikasi bunga pada 5 model mini cake.
  4. Peserta praktek masing-masing. Diharapkan
  5. peserta sudah pernah mengikuti kelas NCC Butter Cream Dasar.
  6. Peserta dimohon membawa alat :
    Lily Nail, Flower Nail, spuit Wilton no.: 104, 15, 101, 1, 359, 366, meja putar, gunting dan tissue
Rp 1.200.000,-
Jum'at - Sabtu, 9 - 10 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Membuat Bunga Gumpaste I
Pengajar : Fatmah Bahalwan
Materi :
  1. Mengenal dan membuat adonan Gumpaste
  2. Membuat bunga : Daisy, Crysantemum, Carnation, Rose, Baby Rose, Rose Leaf, Lily, Forget me not, Stephanutis, God of prayer.
  3. Diajarkan teknik pewarnaan yang bagus
  4. Biaya sudah termasuk bahan dan Setiap Peserta praktek masing-masing.
Rp 1.200.000,-
Minggu, 11 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Cake DasarPengajar: Gemi Miranti
Materi :
Mengenal adonan Cake tanpa obat & pakai obat,
Cake irit telur & banyak telur, Cake dipanggang & dikukus.
Detail
materi :
  1. Butter Cake,
  2. Sponge Cake
  3. Cinnamon Cake,
  4. Lapis Surabaya ,
  5. Bolu Gulung, dan
  6. Brownies Kukus.

Rp 300.000,-
Senin, 12 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Cup Cake Bouquet Class - Peni Respati
Rp
Selasa, 13 Juni 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Special Class: Cheese Cake dan Cake ala Hotel
Diajarkan mendekor dengan aneka buah, kacang-kacangan, cokelat ganache dan keju
Pengajar : Widya Hidayat
Materi :
  1. Newyork Cheese cake
  2. Mocca Nougat Cake
  3. Vanilla Rich Cheese
  4. Chocolate Ganache Roll
Rp 350.000,-
Rabu, 14 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
MATERI BARU รข€“ Cake With Fresh FruitPengajar : Widya Hidayat
Materi :
  1. Orange Cake,
  2. Red Velvet Cake,
  3. Carrot Cake,
  4. Avocado Mousse
Rp
Kamis-Jum'at, 15-16 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Figurine Class I Pengajar : Peni Respati
Materi :
  • Sea : Nemo, gurita Bintang Laut, Terumbu Karang, teknik marbeling untuk membuat warna laut.
  • Animals: Gajah, kuda nil, macan, ular
  • Farm: Anjing, Domba, Sapi, Babi, Pohon, Daun.
  • People : Baby/ boy/Girl / , Dewasa Laki-Laki, Ruang duduk : Dilengkapi dengan teknik membuat : carpet, meja, sofa
  • Setiap peserta praktek masing - masing
Rp 750.000,-
Sabtu, 17 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Cake Decorating dengan Rolled Fondant
Pengajar : Fatmah Bahalwan
  1. Setiap peserta mendapatkan:
    • 1 bh cake lapis Surabaya
    • 2 kg fondant (plastic icing)
    • 1 bh dummy gaun boneka
    • 1 bh Boneka ala barbie
    • 1 bh paralon, untuk roll
    • 1 bh triplek alas tart
    • 1 bh doos cantik
    • Tart hasil karya dibawa pulang
    • Setiap peserta praktek masing-masing.
  2. Setiap peserta dimohon membawa:
    • Meja putar / lazy suzan
    • Spatula / palet
    • Gunting
Bonus : Mendekor Barbie Cake yang cantik jelita.
Rp 900.000,-
Minggu, 18 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Cake Internasional PopulerPengajar: Fatmah Bahalwan
Materi :
  1. Opera Cake,
  2. Devil's Food,
  3. Sacher Torte,
  4. Black Forest.
  5. Diajarkan membuat chocolate Ganache untuk poles, siram dan aneka cokelat bentukan untuk menghias cake.

Rp 350.000,-
Senin, 19 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Figurine Smurf - PRRp
Selasa, 20 Desember 2011
Pukul 10.00 s/d selesai
Cake Serba Putih Telur Pengajar: Fatmah Bahalwan
Materi :
  1. black Angel cake
  2. Zebra Cake
  3. Fruit Chiffon Cake
  4. Cake Mocca Coklat
BONUS: Lapis Legit
Rp 300.000,-
Rabu, 21 Desember 2011
Pukul 10.00 s/d selesai
Cake DasarPengajar: Fatmah Bahalwan
Mengenal adonan Cake tanpa obat & pakai obat, Cake irit telur & banyak telur, Cake dipanggang & dikukus.
materi :
  1. Butter Cake,
  2. Sponge Cake
  3. Cinnamon Cake,
  4. Lapis Surabaya ,
  5. Bolu Gulung, dan
  6. Brownies Kukus.
Rp 300.000,-
Kamis, 22 Desember 2011
Pukul 10.00 s/d selesai
Bakso & Bakwan MalangPengajar: Fatmah Bahalwan
Materi :
  1. Bakso Sapi dan Bakso Goreng mekar
  2. Pangsit Goreng renyah
  3. Tahu isi
  4. Siomay Malang
Rp 300.000,-
Jum'at-Senin, 23-26 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Cake Decorating Butter Cream Program 4 Hari
Pengajar: Fatmah Bahalwan
Materi :
  1. Setiap peserta mendapatkan :
    • 8 pcs. Spuit merk Wilton,
    • 4 Dummy Cake ( 2 Bulat, 2 kotak ),
    • 1 buah. Lapis Surabaya uk.22x22 cm,
    • 1 kg Butter Cream siap pakai,
    • 1 buah Scrapper,
    • 1 buah Paku Mawar,
    • 5 buah Triplek untuk alas cake,
    • 1 kg. buttercream tawar
  2. Setiap peserta dimohon membawa :
    • Meja Putar/ Lazy Suzan,
    • Serbet/ Tissue,
    • Spatula/ Palet,dan
    • Gunting.
Rp 1.300.000,-
Selasa, 27 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Food Photography Pengajar: Riana Ambarsari
Materi:
  1. Basic Photography: Teori dan prinsip-prinsip dasar photography
  2. Digital Photography: Memahami fungsi-fungsi dasar kamera digital
  3. Food Photography: Bekerja dengan lighting yang baik, mengenal alat & perlengkapan, tips & trik memotret makanan
  4. Praktek memotret makanan
  5. Evaluasi hasil foto peserta
Peserta diharap membawa:
  • Kamera masing-masing (merk dan type bebas)
  • Tripod (tidak wajib) tapi jika punya, lebih baik dibawa
  • Buku manual kamera masing-masing sebaiknya dibaca dulu sebelum kursus dan dibawa
Rp 450.000,-
Rabu, 28 Desember 2011
Pukul 10.00 s/d selesai
Blogging Class
Pengajar: Riana Ambarsari
Materi:
  1. Membuat blog standard di Blogger.com/Blogspot.com
  2. Upload foto
  3. Menambahkan aneka fitur
  4. Memodifikasi design
  5. Mengkonsep sebuah blog & menarik pengunjung
Catatan:
  • Peserta harap membawa laptop yang memiliki fungsi wireless internet dan menyiapkan minimal 3 materi untuk diblog (resep, foto, tulisan, dll.)
  • Peserta diharap tidak buta sama sekali tentang fungsi-fungsi komputer. Minimal mampu menggunakan laptopnya masing-masing, menggunakan browser, dan melakukan copy-paste.
  • Tidak perlu membawa modem, Matraman free wifi :
Rp 350.000,-
Kamis, 29 Desember 2011
Pukul 09.00 s/d selesai
Fondant Class - Cake DecoratingPengajar: Fatmah Bahalwan
Setiap peserta mendapatkan:
  • 1 bh cake lapis Surabaya
  • 2 kg fondant (plastic icing)
  • 1 bh dummy gaun boneka
  • 1 bh boneka ala Barbie
  • 1 bh paralon, untuk roll
  • 2 bh triplek alas tart
  • 1 bh doos cantik
  • 1 celemek NCC
  • Tart hasil karya dibawa pulang
  • Setiap peserta praktek masing-masing.
Bonus : Mendekor Barbie Cake yang cantik jelita.
Setiap peserta dimohon membawa:
  • Meja putar / lazy suzan
  • Spatula / palet
  • Gunting
Rp 900.000,-
Jum'at, 30 Desember 2011
Pukul 10.00 s/d selesai
Cake DasarPengajar: Fatmah Bahalwan
Materi :
Mengenal adonan Cake tanpa obat & pakai obat,
Cake irit telur & banyak telur, Cake dipanggang & dikukus.
Detail
materi :
  1. Butter Cake,
  2. Sponge Cake
  3. Cinnamon Cake,
  4. Lapis Surabaya ,
  5. Bolu Gulung, dan
  6. Brownies Kukus.

Rp 300.000,-
Sabtu, 31 Desember 2011
Pukul 10.00 s/d selesai
Crazy CupcakePengajar: Fatmah Bahalwan
Materi
  1. Mengenal dan membuat 2 macam Cup Cake
  2. Menghias cup cake, dengan Butter Cream dan Fondant
  3. Setiap peserta praktek menghias cupcake masing-masing
Rp 250.000

Rabu, 16 November 2011

Serabi si pemikat hati

Tak terasa Indonesian Foodblogger, sebuah group asyik tempat ngumpulnya para foodiebloger asal Indonesia, mengadakan challenge chapter ke- 2 (dua) untuk anggotanya. Di tantangan sebelumnya, aku ikut juga nih, waktu itu aku posting Buntil. Nah chapter ke-dua ini disempetin ikut deh buat ngerame-ramein padahal udah deket tenggat waktu. Challenge kali ini bertema Indonesian Snack. Nah, kali ini yang kubuat adalah Serabi.


Serabi Kinca

Kenapa serabi? Karena aku sungguh penasaran dengan bagaimana cara membuat serabi ini. Browsing resep, dapatnya beraneka ragam. Karena ternyata Serabi pun banyak sekali macamnya. Ada yang manis, ada yang asin. Ada Serabi Solo, ada Serabi Dengklok. Ada yang dicampur kelapa, ada yang tidak. Ada yang pakai tepung terigu, ada yang dicampur tepung beras. Ada yang pakai ragi, ada yang pakai baking powder, ada yang pakai baking soda, ada yang tidak pakai bahan pengembang  pencipta serat, cukup adonan ditepuk - tepuk saja. Bingung nggak tuh mau pakai yang mana. Hihihhihii..Kali ini aku coba resepnya dari sini


SERABI HIJAU
untuk 30 pcs.
BAHAN:
  • 500 gram tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking powder ---- aku pakai 1sdt BPDA
  • 3 butir telur, kocok sebentar 
  • 1250 ml santan, dari 1 butir kelapa
  • 50 ml air daun suji-pandan --- aku pakai pandan pasta
SAUS KINCA:
  • 200 gram gula merah, sisir -- karena tidak mau terlalu merah aku hanya pakai 50 gram saja
  • 1 sdm gula pasir ---- untuk rasa manis aku pakai 125 gram gula pasir
  • 750 ml santan, dari 1 butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 6 cm kayu manis
  • 2 butir cengkih
  • 4 lembar daun pandan, potong-potong
  • Aku tambahkan: 30 gram tepung beras diencerkan dengan sedikit air untuk pengental
CARA MEMBUAT:
  1. Campur tepung, garam dan baking powder dalam wadah, aduk rata. Tambahkan telur kocok dan 400 ml santan ke dalamnya, aduk rata. Tepuk-tepuk adonan dengan telapak tangan selama 20 menit hingga adonan licin dan terasa ringan.
  2. Masukkan sisa santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Masukkan pasta pandan ke dalam adonan, aduk rata. Aduk dengan sendok kayu, agar udara bisa masuk ke dalam adonan. Diamkan adonan kurang lebih 2 jam.
  3. Siapkan wajan kecil berdasar tebal atau wajan tanah liat, panaskan di atas api sedang, olesi dengan minyak goreng (aku pakai minyak kelapa merk Barco). Tuang 1 sendok sayur (kurang lebih 75 ml) adonan ke dalam wajan.
  4. Masak hingga adonan berlubang-lubang mulai dari bagian pinggirnya, tunggu hingga lubang cukup banyak, tutup wajan, masak hingga serabi matang. Congkel dan keluarkan serabi dari wajan. Lakukan hingga semua adonan habis.
  5. Saus: Taruh semua bahan saus di dalam panci, masak diatas api sedang. Timba-timba santan hingga mendidih agar santan tidak pecah. Saat mendidih, masukkan larutan tepung beras untuk mengentalkan. Masak terus hingga bau harumnya keluar, angkat. Sajikan serabi dengan saus kinca.

Serabi Kinca

Nah, percobaan kali ini juga kurasa tidak terlalu berhasil. Pengennya tuh permukaan serabi jadi bolong - bolong semua. Eh yang jadi kok permukaannya cenderung mulus, hehehhee. Dalamnya sih cukup banyak seratnya. Rasa yang pasti enak, tekstur juga tidak mengecewakan. Mungkin kurang seru nepuk- nepuk adonannya kali ya. Karena proses penepukan adonan ini ternyata sangat berpengaruh untuk pembentukan serat. Contohnya pada kue Carabikang, walaupun tanpa bahan pengembang tetap saja bisa berserat keren gitu, pasti akibat penepukan yang adekuat.

Suatu saat pasti akan dicoba lagi nih resep yang lain. Karena selain rasanya yang khas dan legit, penampilan Serabi dengan lubang- lubang di permukaan serta efek gosong di bagian bawahnya, sungguh sangat memikat hati.

Related Posts with Thumbnails