Senin, 31 Oktober 2011

#FP: Memotret Es Krim di rumah.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam proses pengambilan gambar untuk keperluan iklan es krim, bahan es krim kadang disubtitusi dengan mashed potato. Proses pemotretan yang biasanya memakan waktu cukup panjang, dan kebutuhan lighting pemotretan yang menggunakan lampu - lampu foto yang mengeluarkan panas, bisa menyulitkan. Es krim gampang sekali meleleh, dan jelas membuat tampilan menjadi kurang cantik.

Bagaimana dengan kita, para foodieblogger? Apakah harus kita melakukan trick yang sama? Sementara kebutuhan kita tidaklah bersifat komersil (mendapat keuntungan materi), yah sebutlah hanya untuk kepuasan batin dan potrfolio pribadi. dapatkah kita menghasilkan foto eskrim yang tidak keburu mencair, misal untuk di atas pancake atau sepiring banana split? 

Yang memudahkan, sebagian besar dari kita memotret makanan menggunakan natural lighting, bukan menggunakan lampu foto. Tapi es krim toh juga meleleh di suhu ruang bukan? Berikut ini sedikit trick untuk mendapatkan foto eskrim asli dari rumah sendiri. Tanpa manipulasi bahan sama sekali. 

1. Siapkan setting foto yang kita inginkan, berikut juga propertynya. Letakkan semua elemen foto di tempat nantinya akan difoto, kecuali es krimya. Jika ingin memotret es krim di atas pancake, susun dahulu pancakenya. atau susun dulu pisang  diatas piring/mangkok jika kita akan memotret banana split. 
Ilustrasi yang saya buat ini, memotret es krim di atas cone.


2. Sebelum es krim saya letakkan di atas cone, terlebih dahulu saya letakkan benda yang nantinya akan digantikan tempatnya oleh eskrim, dalam hal ini saya pakai kertas tisue.

3. Tentukan setting kamera untuk mendapatkan foto yang diinginkan. Apperture, Shutter speed, ISO, dan titik fokusnya. atur lagi komposisinya, seperti apa foto yang anda inginkan , begitulah anda menyusunnya pada tahapan ini. Jika diperlukan reflektor, letakkan pada tempat yang dibutuhkan.


4. Berikutnya yang harus anda lakukan dengan cepat adalah, menscoop es krim (yang sebelumnya di freezer) ke atas cone eskrim (atau pancake atau pisang) sesuai rencana semula, lalu  potretlah es krim dari beberapa angle seperti yang sudah anda rencanakan.


Yap, akhirnya kita bisa mendapatkan foto es krim dari es krim asli. Tanpa manipulasi. Kuncinya hanyalah perencanaan dan pengerjaan yang cepat. Dan kadang dengan berlalunya waktu pun, es krim akan mulai meleleh. Jadi jangan terlalu lama yaaa...



Senin, 10 Oktober 2011

#ChineseFoodWeek - Salted Egg Shrimp

Natural Cooking Club, sebuah komunitas pecinta baking - cooking tempat saya dan teman - teman lain berkumpul, rutin mengadakan event online. Event - event ini punya tujuan untuk membangun database resep yang bisa diakses siapa saja. sekaligus seru - seruan, lihat resep seliwar seliwer beredar,lihat foto - foto menakjubkan dan super canggih bertebaran, sekaligus serunya dapat badge. Hehehhee. Jadi keinget jaman ikut Pramuka dulu, untuk mendapatkan badge/lencana tertentu harus melewati uji kecakapan khusus. Bahkan memasak nasi , air juga termasuk dalam beberapa syarat kecakapan khusus ini. Eh, kok jadii ngomongin yang lain...

Balik lagi ngomongin event online nya NCC, yang baru saja dibuka dan ditabuh genderang keriangannya adalah Chinese Food Week NCC. Nah, resep kali ini aku coba buat dalam rangka event Chinese Food ini.

Salted Egg Shrimp


SALTED EGG SHRIMP
Udang Telur Asin resep Primarasa

bahan:
12 ekor (500 g) udang pancet -- aku pakai udang basah biasa
1/2 sdt gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdm jeruk nipis
minyakuntuk menggoreng
2 sdm tepung beras, larutkan dengan 1 sdm air

lapisan telur:
6 kuning telur asin matang (yang masir dan berminyak)
3 sdm tepung beras
3 sdm air
2 sdm margarine, lelehkan
1/4 sdt garam (bila perlu)

cara membuat:

  • kupas kulit udang, belah punggungnya. buang kotoran yang ada di punggungnya.
  • lumuri udang dengan gula pasir, bawang putih, dan air jeruk nipis. sisihkan sebentar hingga bumbu meresap (5 menit)
  • panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api sedang. lumuri udang dengan larutan tepung beras. goreng dalam minyak panas, hingga berubah warna dan matang. angkat dan tiriskan.
  • haluskan kuning telur asin,dengan menggunakan garpu. Tambahkan tepung beras, aduk rata. Tuang air dan margarine leleh, aduk hingga menjadi adonan yang kental dan licin. lakukan test icip, bubuhkan garam bila perlu.
  • panaskan adonan kuning telur di atas wajan dengan api sedang, tambahkan sedikit minyak sisa menggoreng udang tadi. aduk adonan sebentar, lalu masukkan udang goreng. Aduk hingga seluruh udang terlumuri adonan lapisan telur, angkat.
  • sajikan selagi hangat.

Salted Egg Shrimp

Hampir semua hidangan masakan China sangat mudah dibuat dan dengan bahan yang relatif sederhana. termasuk juga Udang Telur Asin ini. Bumbu yang digunakan sama sekali tidak rumit dan proses memasaknya yang sangat mudah. Hidangan satu ini banyak dijumpai di restoran - restoran yang menyajikan masakan China. Nah, kali ini tanpa perlu pergi ke restoran, kita bisa menikmatinya.

Salted Egg Shrimp

Jangan ragu untuk mencicipi terlebih dahulu adonan lapisan telur sebelum menvampurkannya dengan udang. Terkadang telur asin yang kita dapat masih terasa kurang asin, jadi kita perlu menambahkan garam ke dalam adonan. Walaupun  dimasak di dapur sendiri rasanya menyamai sajian restoran. Remah - remah yang gurih dan lezat membuat udang goreng ini sulit dilupakan kelezatannya.

Minggu, 09 Oktober 2011

Kue Lapis Kopi

Kue Lapis Kopi

Selama ini kita banyak mengenal kue lapis, mulai lapis beras, lapis sagu sampai lapis legit. Kue Lapis yang satu ini tidak menggunakan tepung beras atau tepung kanji, melainkan tepung terigu. Namun karena komposisi santan yang banyak, penampilan dan teksturnya kue lapis ini mirip dengan lapis beras. 

Kue Lapis Kopi
bahan:
8 butir telur
400 gram gula pasir
300 gram tepung terigu
200 gram susu bubuk
5 sdm kopi instan

2 butir kelapa besar
1,5 liter air 

cara membuat:
  • Buat santan dari 2 butir kelapa ditambah 1, 5 liter air , rebus hingga mendidih, dingin dan sisihkan.
  •  Larutkan kopi instan dengan sedikit air panas 
  • Ayak tepung terigu dan susu bubuk
  • Kocok telur dan gula pasir hingga gula pasir larut
  • Masukkan tepung terigu dan susu bubuk , aduk rata.
  • Masukkan santan, aduk rata.
  • Bagi adonan menjadi dua bagian, salah satunya dicampur dengan larutan kopi instan.
  • Siapkan loyang 26x26 cm , oles dengan minyak dan bagian dasra loyang diberi alas plastik.
  • Panaskan dandang, masukkan silih berganti tiap 2-3 sendok sayur adonan ke dalam loyang,
  • Kukus masing - masing lapisan selama 5 menit, hingga adonan habis. Paling akhir kukus selama 20 menit.
Pengocokan telur dan gula tidak perlu terlalu mengembang/kental. cukup sampai gula pasir larut saja. Air panas yang digunakan untuk melarutkan kopi instan juga tidak perlu terlalu banyak, cukup sampai bubuk kopi tidak bergerindil.

Kue Lapis KopiKue Lapis Kopi

Aroma dan rasa kopi yang kuat membuat kue lapis satu ini berbeda dengan yang lain. Rasa yang legit namun tidak terlalu manis. jika menginginkan rasa yang lebih manis bisa ditambahkan gula pasir 50 - 100 gram. Kue Lapis Kopi ini bisa jadi salah satu alternatif kue potong untuk snack box atau kita santap sendiri di sore hari bersama teh tawar / kopi pahit. Enakk banget!!

Kue Lapis Kopi

 
Related Posts with Thumbnails